Jumat, 10 Mei 2013

Teknik Mancing Ikan Kakap Merah

Ikan Kakap Merah adalah ikan penghuni rumpon berupa karang, tandes, kapal karam, rumpon buatan, dll. Dalam bahasa latin Ikan Kakap Merah ini bernama Lutjanus Malabaricus. Ikan Kakap Merah bersifat menggerombol dengan koloninya dan sangat rakus memakan apa saja yang bisa dimakannya.


Ikan Kakap Merah

Cara mancing ikan kakap merah

Ikan Kakap Merah sebenarnya sangat mudah dipancing. Ada beberapa umpan andalan yang bisa digunakan untuk mancing Ikan Kakap Merah antara lain udang hidup, irisan cumi, irisan ikan, dll. Diusahakan dalam menggunakan umpan irisan cumi ataupun irisan ikan menggunakan bahan yg masih segar/fresh supaya hasilnya lebih maksimal. 
Selain menggunakan umpan live bait, kita juga bisa menggunakan inchiku, sabiki, metal jig, dll untuk mancing Ikan Kakap Merah.
Ikan Kakap Merah dengan umpan irisan cumi
Tackle yang digunakan untuk mancing Ikan Kakap Merah cukup sederhana. Cukup menggunakan piranti joran kelas 10-20lb, line pe 2, lider monofilament 20-30lb, reel ukuran 2500-3000.
Untuk rangkaian mata pancing target Ikan Kakap Merah juga sangat sederhana. Bisa menggunakan 1 atau 2 mata kail atau lebih. Untuk pemberat berada dibawah sendiri dengan ukuran disesuaikan dengan kondisi arus laut.
Rangkaian mata pancing target Ikan Kakap Merah
Dalam mancing Ikan Kakap Merah yang terpenting adalah pemilihan lokasi spot mancing. Kita wajib menggunakan GPS dan Fish Finder (FF) untuk menentukan spot. Kita harus memiliki koordinat yang sudah ditentukan dimana koordinat tersebut terdapat spot yang dihuni Ikan Kakap Merah. Tanpa kita memiliki spot tersebut jangan harap kita bisa mendapatkan target Ikan Kakap Merah.
Ikan Kakap Merah biasanya menghuni di suatu rumpon bawah laut dengan rata-rata kedalaman lebih dari 10 meter. Jarang sekali kita menjumpai Ikan Kakap Merah berada di kedalaman kurang dari 10 meter.




Ikan Kakap Merah ukuran table size

Ikan Kakap Merah bersifat bergerombol dengan koloninya, sehingga Ikan Kakap Merah mencari makan juga bersama koloninya dengan posisi pemimpin berada paling depan sendiri dalam suatu rombongan tadi. Biasanya pemimpin rombongan Ikan Kakap Merah adalah Ikan Kakap Merah yang ukurannya paling besar dibanding yang lain.

Om Wawan (Rembang) dengan Ikan Kakap Merah hasil tangkapannya

Bila kita mancing Ikan Kakap Merah biasanya yang pertama kali makan umpan adalah pemimpin rombongan yang ukurannya paling besar. Maka jangan heran jika kita mendapatkan first strike maka yang kita hajar adalah Ikan Kakap Merah yang ukurannya paling besar, dan strike selanjutnya Ikan Kakap Merah yang ukurannya lebih kecil dibanding Ikan Kakap Merah yang pertama.
Sungguh merupakan suatu kesalahan besar jika kita mendapatkan first strike tapi Ikan Kakap Merah tersebut lepas (mocel) atau line putus. Hal tersebut merupakan suatu kesalahan yang sangat fatal karena pimpinan rombongan Ikan Kakap Merah tersebut merasa kesakitan dan menyebabkan rombongan Ikan Kakap Merah yang lain menjadi buyar (dispersed). Dan untuk mengenbalikan rombongan Ikan Kakap Merah tersebut bisa berkumpul lagi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadi seperti sedia kala.
Ikan Kakap Merah Jumbo


 Mirip kan..... xixixixixixixixixi
mensyukuri hasil mancing Ikan Kakap Merah

tidur dengan kasur Ikan Kakap Merah......... hehehehehe ;-p
Ikan Kakap Merah ukuran Jumbo
Demikian informasi dari saya yang sangat sederhana ini semoga bisa bermanfaat untuk para penggila mancing Ikan Kakap Merah di Indonesia pada khususnya dan seluruh dunia pada umumnya.



Salam Strike Mania.....

21 komentar:

Post a Comment

 

1 komentar:


  1. Fascinating insights into the Red Snapper's behavior and habitat! Exploring techniques for catching this voracious species, whether near artificial reefs or sunken vessels, adds an exciting dimension to angling adventures. Read more: UptimeMonster

    BalasHapus